Minggu, 09 Juni 2013

Pegertian Perangkat Lunak Atau Software

Mungkin postingan saya kali ini bukan mengenai binsis online. Melainkan tentang pengetian software komputer. Mungkin masih dari sekian banyak pengguna komputer pemula, belum mengetahui apa itu software atau perangkat lunaak komputer. Maka dari itu, postingan saya kali sedikit membahas tentang pengertian komputer. OK, langsung saja kita pada topik pembahasan.


Memahami Software Komputer Dalam dunia teknologi informasi kita sering mendengar kata perangkat lunak. Sebenarnya apa sih software? Beberapa orang mengatakan bahwa tanpa software, maka komputer tidak dapat digunakan atau dioperasikan. Untuk mengetahui definisi atau pengertian softwarenya silahkan simak penjelasan berikut sedikit. Definisi Perangkat Lunak Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena perangkat lunak juga disebut, karakter berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh langsung oleh manusia, maka software atau perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, perangkat lunak tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bisa untuk operate.
Definition Perangkat Lunak Komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan dikelola oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat menjadi program atau instruksi yang akan menjalankan perintah. Melalui software atau perangkat lunak komputer adalah mampu menjalankan Software commandUnderstanding (software) ComputerTypes Perangkat Lunak atau SoftwareSoftware atau distribusi berbasis perangkat lunak komputer dapat dibagi menjadi beberapa jenis, perangkat lunak yaitu dibayar, perangkat lunak bebas atau gratis (freeware, perangkat lunak bebas, shareware, adware ). Bayar software SoftwarePaid adalah perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersial, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software dengan membeli atau membayar pihak mendistribusikan.

Pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diperbolehkan untuk bebas mendistribusikan perangkat lunak tanpa izin dari penerbit di sana. Perangkat lunak dibayar contohnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe foto toko, dan others.FreewareFreeware atau perangkat lunak bebas hak cipta perangkat lunak komputer yang bebas untuk digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware, yang mengharuskan pengguna untuk membayar (misalnya setelah beberapa masa percobaan atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat lunak bebas sering membuat alat freeware gratis "untuk disumbangkan kepada komunitas", namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol atas pembangunan masa depan. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).

SoftwareFree Free Software lebih diarahkan untuk penggunaan independen tetapi tidak harus gratis. Bahkan, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak open source (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi perangkat lunak bebas tidak menyebabkan pembelian tetapi penggunaan gratis dan distribusi. Setelah keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak yang mereka belong.

Perbedaan nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata gratis dalam bahasa Inggris, yang berarti mereka bebas dan gratis. Oleh karena itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, tidak harus sama seperti free.SharewareShareware Freeware juga bebas tetapi terbatas pada waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari).

Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program ini. Sebuah contoh yang sangat jelas ini adalah jenis perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakan itu.Kami juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam program periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh yang jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-ups.That artikel penjelasan tentang arti perangkat lunak atau perangkat lunak komputer. Semoga ulasan di atas dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan di bidang komputer.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar